Anak Anda Kekurangan Protein? Hati-Hati, Ini Dampaknya

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 16 Juli 2021, 17:31 WIB

WebinarWebinar/Dok. Istimewa

FIXINDONESIA.COM - Ahli Gizi Chandry Ageng Thirtasary, S.Gz., RD menjelaskan, bahwa protein merupakan salah satu makronutrien yang penting bagi tubuh. Menurutnya, protein merupakan bagian terbesar dalam tubuh tubuh setelah air. 

"Jadi tubuh kita itu terdiri dari air, kemudian protein, karena semua enzim, hormon, darah itu terdiri dari protein," ungkap Chandry dalam webinar Berikan Protein bertajuk "Berikan Ilmu: Why Pro For Protein? Protein untuk Imunitas dan Tumbuh Kembang Anak", pada hari ini, Jumat 16 Juli 2021. 

Ketika kita mengonsumsi protein, lanjut Chandry, maka akan terbentuk menjadi asam amino essensial dan asam amino non essensial

Baca juga: Politikus Ahmad Sahroni Setuju PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Alasannya!

Baca juga: Ayah Yuni Sara dan Krisdayanti Meninggal Dunia, Sahabat Jelaskan Detik-Detik Kepergian Almarhum

"Asam amino essensial ini tidak dapat disintesis dalam tubuh dan harus dipenuhi dari makanan. Sementara asam amino non essensial dapat disintesis dalam tubuh," sambungnya. 

Lebih lanjut Chandry mengatakan, protein ini memiliki banyak manfaat pada tubuh antara lain, sebagai pembentuk hormon pertumbuhan dan perkembangan, pengatur keseimbangan air, mengangkut zat-zat gizi, sumber energi, pembentuk antibody, pembentukan dan memperbaiki jaringan tubuh, serta meneruskan dan menyimpan sifat-sifat keturunan dalam bentuk gen.

Dikatakan Chandry, bahwa protein berperan membantu meningkatkan imunitas. Sebab, protein berperan dalam pembentukan immunoglobulin (Ig) atau antibodi. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi