Amalan Nisfu Syaban 1142 H, Niat Puasa dan Doa Setelah Membaca Surat Yasin

Firda Najmi Amaludin - Minggu, 28 Maret 2021, 14:57 WIB

ilustrasi: Amalan Nisfu Syaban 1142 H, Niat Puasa dan Doa Setalah membaca Surat Yasinilustrasi: Amalan Nisfu Syaban 1142 H, Niat Puasa dan Doa Setalah membaca Surat Yasin/chiplanay/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Bulan Syaban merupakan salah satu bulan yang ditunggu sebagian banyak umat muslim. Pasalnya, pada bulan ini Allah SWT telah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. 

Tak lupa umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan sunah untuk mendapatkan rahmat dan keutamaan malam Nisfu Syaban.

Amalan sunah Nisfu Syaban dapat dilakukan pada malam puncak bulan Syaban, pada tahun ini malam Nisfu Syaban 1142 H jatuh pada Minggu, 28 Maret 2021.

Dalam sejarah Islam, peristiwa besar pernah terjadi di bulan Syaban. Salah satunya, diturunkannya ayat tentang anjuran shalawat untuk Rasulullah SAW, yaitu Surat Al-Ahzab ayat 56.

Ibnu Abi Shai Al-Yamani mengatakan, bulan Sya’ban adalah bulan shalawat. Karena pada bulan itulah ayat tentang anjuran shalawat diturunkan.

Baca juga: Tiga Amalan yang Bisa Dikerjakan pada Malam Nisfu Syaban

Setelah mengetahui secara singkat peristiwa yang terjadi di bulan Syaban, berikut terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mengisi malam Nisfu Syaban.

Bila ditinjau dari segi amaliyah, amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban ialah membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali yang dilanjutkan dengan berdoa.

Anjuran membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali di malam Nisfu Syaban tersebut dibahas dalam buku berjudul Dakwah Kreatif: Muharram, Maulid Nabi, Rajab dan Syaban yang disusun oleh Dra. Udji Asiyah, M.Si terbitan Gramedia Pustaka Utama (2016:98).

Editor: Firda Najmi Amaludin

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terkait