Alhamdulillah! Raja dan Permaisuri Keraton Nusantara Ditalqin Dzikir Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 29 September 2021, 9:38 WIB

Raja dan Permaisuri Keraton Nusantara Ditalqin Dzikir Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya SirnarasaRaja dan Permaisuri Keraton Nusantara Ditalqin Dzikir Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa/@ karatonsumedanglarang_official

FIXINDONESIA.COM - Raja dan Permaisuri dari berbagai keraton nusantara telah hadir di Sumedang untuk menghadiri Pagelaran Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) 2021. Raja dan Permaisuri yang hadir adalah yang terdaftar di Majelis Kerajaan Adat Nusantara (MAKN).

Dalam kegiatan jamuan makan malam 28 September 2021 yang digelar di gedung negara tepatnya di Kantor Bupati Kabupaten Sumedang, Raja dan Permaisuri dari berbagai keraton di Indonesia mengambil kalimah suci laa ilaha illalloh (talqin dzikir) dari Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa. 

Proses ini dipimpin langsung oleh K.H. Budi Rahman Hakim, Ph.D, yaitu Pengasuh Pesantren Peradaban Dunia JAGAT 'ARSY Bumi Serpong Damai, Tangerang Banten, yang juga merupakan Wakil Talqin Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa, dan sebagai pembantu khusus syekh Mursyid, Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al-Qodiri An-Naqsyabandi Al-Muttaqi Al-Kamil Al-Muwaffaq. Syekh Mursyid yang meneruskan kemursyidan dari Syekh Mursyid sebelumnya Syekh Ahmad Sohibul Wafa Tajul Arifin yaitu Abah Anom. 

Baca juga: Kenapa Para Raja Nusantara Berkumpul di Keraton Sumedang Larang?

Baca juga: Profil Syekh Tolhah Kali Sapu Cirebon: Sang Tokoh Utama Penyebar Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah

Sebelum proses talqin dzikir dilakukan, KH Budi Rahman Hakim memperkenalkan Syekh Mursyid dan juga memperkenalkan sanad Thoriqoh yang bersambung kepada Rasulullah SAW.

Dalam buku Amaliyah Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa disebutkan bahwa Thoriqoh ini memiliki silsilah ajaran yang bersambung kepada Syaikh Abdul Qodir Al Jaelani yang diyakini para kaum sufi adalah rajanya para wali, dan seterusnya akan bersambung kepada Sayyidina Ali Karomallahu Wajhahu dan Baginda Rasululloh SAW. Kebersambungan ajaran ini dalam tarekat sangat penting untuk menjaga kemurnian ajaran.

Thoriqoh  Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya Sirnarasa adalah Thoriqoh yang pengikut dan pengamalnya tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan juga berbagai negara. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi