Akui Kesalahan Telah Sebar Hoax Soal Covid-19, Dr. Lois Owien Dibebaskan Bareskrim Polri

Rinda Suherlina - Selasa, 13 Juli 2021, 13:17 WIB

Dokter LoisDokter Lois/@dr_lois7

FIXINDONESIA.COM - Polri membebaskan Dr. Lois lantaran sudah berjanji tidak akan melarikan diri dan mengakui kesalahannya.

Sebelumnya Dr. Lois Owen dikabarkan ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran perihal penanganan Covid-19

"Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam oleh penyidik, kami dapatkan kesimpulan bahwa yang bersangkutan, tidak akan mengulangi perbuatannya dan tidak akan menghilangkan barang bukti mengingat seluruh barang bukti sudah kami miliki," kata Dirtipid Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Slamet Uliandi, Selasa 13 Juli 2021.

"Dan yg bersangkutan tidak akan melarikan diri. Oleh karena itu saya memutuskan untuk tidak menahan yang bersangkutan, hal ini juga sesuai dengan konsep Polri menuju Presisi yang berkeadilan," lanjutnya dikutip dari PMJ News.

Baca juga: Bocoran Ikatan Cinta Hari Ini 13 Juli 2021: Nino Bawa Kabur Reyna, Elsa Bertemu Pak Sumarno

Slamet menerangkan, Polri memilih upaya terakhir dalam penegakan hukum yang disebut remedium alih-alih memenjarakan Dr. Lois.

“Kami lihat bahwa pemenjaraan bukan merupakan upaya satu-satunya, tapi juga ada upaya terakhir dalam penegakan hukum yang disebut remedium. Sehingga akhirnya Polri mengedepanjan upaya preventif agar tindakan seperti ini tidak diikuti pihak lain di kemudian hari,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dr Lois sebelumnya telah mengakui perbuatannya yang menyebarkan pernyataan tidak benar dan tidak sesuai dengan gelar serta profesi dokter yang dimilikinya.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi