Akhirnya! KPK Angkat Bicara Soal Ambil Alih Pengelolaan TMII

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 8 April 2021, 21:10 WIB

Taman Mini Indonesia Indah (TMII).Akhirnya! KPK Angkat Bicara Soal Ambil Alih Pengelolaan TMII(TMII)./https://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/

FIXINDONESIA.COM -  Pemerintah mengambil alih pengelolaan aset negara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita yang sudah mengelola 44 tahun silam. 

Pengambilalihan tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 yang diteken Presiden Joko Widodo pada 31 Maret dan resmi berlaku pada 1 April 2021.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Pencegahan, Ipi Maryati Kuding mengatakan pihaknya turut hadir untuk mendampingi Kementerian Sekretariat Negara dalam proses pengambilalihan pengelolaan TMII.

"KPK telah mengoordinasikan dan memfasilitasi agar pengelolaan dari TMII dapat diberikan ke pemerintah, khususnya ke Kemensesneg. Kemudian dapat dimanfaatkan dengan benar untuk kepentingan negara dan masyarakat," ungkapnya, Kamis 8 April 2021.

Baca juga: Terungkap! Ternyata Ini Hobi Siwon di Masa Pandemi Covid-19

Menurutnya, apa yang dilakukan Kemensetneg menjadi perhatian lembaga KPK, terlebih dengan pengelolaan serta pemanfaatan barang milik negara (BMN) untuk kontribusi negara yang dikelolanya.

Seperti diketahui, jumlah nilai aset yang dikelola Kemensetneg mulai dari TMII, Gelora Bung Karno hingga PPK Kemayoran mencapai Rp571 triliun.

“Sudah sejak 2019 lalu, KPK terus melakukan pendampingan terhadap Kementerian, lembaga terkait dan juga BUMN yang mengurus atau mengelola aset negara,” lanjutnya. 

Baca juga: Penelitian: Yogurt Berpotensi Kurangi Risiko Terkena Kanker

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot