Akademisi Desak Pemerintah agar Beri Gelar Pahlawan untuk Mochtar Kusumaatmadja, Sejarawan: Aspirasi Publik Tak Bisa Dihentikan

Firda Rachmawati - Rabu, 9 Juni 2021, 20:51 WIB

Miftahul Sejarawan unpadMiftahul Sejarawan unpad/Dok.Pribadi

FIXINDONESIA.COM - Akademisi Indonesia mendesak pemerintah untuk segera memberi gelar pahlawan nasional untuk Prof. Mochar Kusumaatmadja.

Guru Besar Universitas Hasanudin, Judhariksawan. Ahli hukum Universitas Brawijaya, Mohammad Hamidi Masykur SH.,M.Kn, yang juga Sekjen Asosiasi Dosen Hukum Acara Perdata, dan pakar hukum Universitas Lampung, Yusdianto telah angkat suara agar Mochtar Kusumaatmadja dianugerahi gelar pahlawan karena jasa-jasanya kepada NKRI. 

Sejarawan Unpad, Miftahul Falah mengungkapkan aspirasi publik tentang Prof. Mochtar tidak bisa dihentikan.

Baca juga: Innalillahi! 5 Orang Tewas dalam Ledakan yang Terjadi di Gresik

"Aspirasi publik tentang penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada almarhum Prof. Mochtar Kusumaatmadja tidak bisa dihentikan karena hal itu hak konstitusional setiap warga negara Indonesia," ujarnya saat dihubungi FIXINDONESIA.COM Rabu 9 Juni 2021.

"Apabila pemerintah menerima aspirasi masyarakat tersebut, sejarawan harus melakukan penelitian sehingga perjuangan almarhum Prof. Mochtar Kusumaatmadja yang dilakukan sepanjang hayatnya dapat direkonstruksi relatif secara utuh," imbuhnya.

Miftah menambahkan, hasil penelitian terhadap perjuangan Prof Mochtar harus diseminarkan.

""Hasil penelitian terhadap perjuangan almarhum Prof. Mochtar Kusumaatmadja harus diseminarkan secara nasional yang menghadirkan narasumber level nasional dan atau level provinsi dan kabupaten," ucapnya.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi