Ahli Kesehatan Sebut Vaksin Masih Bisa Digunakan untuk Cegah Varian Baru Covid-19

Firda Rachmawati - Selasa, 25 Mei 2021, 16:30 WIB

Ilustrasi: Pemerintah resmi mengonfirmasi dua kasus mutasi virus Covid-19 dengan kode B117, DPR desak pemerintah lakukan langkah preventifIlustrasi: varian baru Covid-19/Arek Socha/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Ahli Kesehatan dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Universitas Padjadjaran Indah Amelia menyebut bahwa vaksin yang ada saat ini masih bisa digunakan untuk mencegah varian baru Covid-19.

Indah menuturkan, menurut studi laboratorium yang dilakukan di beberapa negara, beberapa respon imun dari vaksin untuk Covid-19 yang ada sekarang mungkin kurang efektif untuk menangkal virus dengan varian baru.

Akan tetapi, lanjut Indah, kurang efektifnya respon imun vaksin terhadap virus bukan berarti bahwa vaksin tidak memberikan proteksi sama sekali.

Baca juga: Jual Beli Vaksin Ilegal, Politikus Golkar: Cek Kinerja dan Dokumentasi di Lapangan

"Vaksin yang ada saat ini tetap bisa digunakan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan atau mengalami penyakit yang berat akibat Covid-19," ujar Indah kepada FIXINDONESIA.COM, Selasa 25 Mei 2021.

Seperti yang diketahui, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ada tiga jenis varian baru Covid-19 yang telah masuk ke Indonesia.

"Virus corona varian baru yaitu B117 yang berasal dari Inggris, B1351 asal Afrika Selatan dan B1617 dari India sudah masuk ke Indonesia," kata Indah.

Baca juga: Hampir Selesai, Jakarta-Bandung Bisa Naik Kereta Cepat Mulai Tahun Depan

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi