8 Manfaat Limun Kunyit Bagi Kesehatan, Mencegah Risiko Kanker sampai Menurunkan Berat Badan

Firda Najmi Amaludin - Minggu, 14 Maret 2021, 15:30 WIB

ilustrasi: manfaat limun kunyit bagi kesehatanilustrasi: manfaat limun kunyit bagi kesehatan/Alexandra ❤️A life without animals is not worth living❤️/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Limun kunyit merupakan minuman menyegarkan dan menyehatkan yang terbuat dari camputan dua bahan yaitu kunyit dan jeruk nipis

Komponen utama dalam limun adalah asam sitrat dengan nutrisi lain seperti folat dan kalium. Sedangkan komponen utama dari kunyit adalah kurkumin.

Dikutip FIXINDONESIA.COM dari berbagai sumber, ada banyak manfaat dari minuman limun kunyit antara lain sebagai berikut.

Baca juga: 6 Manfaat Keju Kambing, Salah Satunya Dapat Menurunkan Kolesterol

1. Menurunkan risiko kanker 

Sebuah penelitian menjelaskan kurkumin pada kunyit menunjukkan reaksi antioksidan yang kuat pada pH netral dan asam.

Karena asam sitrat pada limun memiliki pH asam, sehingga dapat membantu aktivasi dan penyerapan kurkumin yang tepat oleh tubuh. Jika diaktifkan dengan benar, kurkumin dapat menyebabkan apoptosis dan mengurangi risiko kanker pada manusia. 

2. Mencegah Alzheimer 

Kandungan dari limun dan kunyit mengandung antioksidan yang kuat dan memiliki efek antiinflamasi yang mampu melawan penyakit. Limun kunyit dapat membantu menekan kerusakan oksidatif pada otak, mengurangi peradangan dan mencegah penurunan kognitif dan penumpukan amyloid pada otak. 

Editor: Firda Najmi Amaludin

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot