8 Cara Daftar PPPK 2021 Bagi Guru Honorer di Portal sscasn.bkn.go.id

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 1 April 2021, 12:15 WIB

Perbedaan PNS dan PPPK, Salah Satunya Soal Jaminan PensiunIlustrasi: Delapan Cara Daftar PPPK 2021 Bagi Guru Honorer di Portal sscasn.bkn.go.id/Humas Kota Bandung

FIXINDONESIA.COM - Pembukaan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Penjanjian Kerja (PPPK)  bagi guru honorer pada Mei-Juni 2021 mendatang. Pendaftaran ini hanya untuk 1 juta guru honorer saja. 

Mendikbud Nadiem Makarimmenjelaskan, pihaknya hanya akan mengangkat guru honorer apabila lolos seleksi PPPK. Artinya bukan berdasarkan rekomendasi. 

“Kita buka sampai satu juta. Tapi kalau yang lolos seleksi cuma 100 ribu, ya 100 ribu saja yang kita angkat menjadi PPPK. Tidak akan ada kompromi untuk kualitas pendidikan bagi anak-anak kita,” jelas Nadiem sebagaimana dilansir dari laman Setkab. 

Baca juga: Maaf! BST Rp300 Ribu Tidak Diperpanjang, Segera Cek Nama di dtks.kemensos.go.id Agar Bantuan April Cair

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK terdapat 6 syarat pendaftar PPPK yang wajib Anda ketahui. Berikut ini daftarnya:

1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

Baca juga: Guru Honorer Wajib Catat, Ini Link dan Syarat Daftar PPPK 2021

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait