7 Manfaat Matcha Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker hingga Tingkatkan Fungsi Otak

Firda Rachmawati - Jumat, 5 Maret 2021, 10:50 WIB

7 Manfaat Matcha Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker hingga Tingkatkan Fungsi Otak7 Manfaat Matcha Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker hingga Tingkatkan Fungsi Otak/dungthuyvunguyen/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Popularitas matcha tea meningkat selama beberapa tahun belakangan.

Tak hanya untuk minuman, matcha tea juga digunakan sebagai bahan makanan.

Matcha tea berasal dari tanaman Camellia Sinensis. Teh ini sebenarnya sudah dinikmati oleh masyarakat Jepang dan China selama ratusan tahun. Matcha tea dibuat menjadi bentuk bubuk dan rasanya jauh lebih kuat dari teh biasa.

Tak hanya rasanya yang enak, matcha tea juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa khasiat dari matcha tea.

Baca juga: Cara Atasi Area T-Zone Wajah Berminyak, Waduh! Nomor 2 Sering Diabaikan

1. Menstabilkan kerusakan akibat radikal bebas

Matcha tea kaya akan antioksidan alami, terutama katekin atau senyawa yang ada pada teh. Senyawa tersebut membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya yang merusak sel. Saat bubuk matcha dimasukkan ke air panas, teh melepaskan semua nutrisi termasuk antioksidan ke dalamnya. Jumlah katekin dalam matcha adalah 137 kali lebih banyak dibandingkan jenis teh hijau lainnya.

2. Melindungi jantung

Minum teh matcha dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. Matcha menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta mencegah oksidasi kolesterol LDL. Minum teh matcha dibarengi dengan diet sehat akan menjaga jantung sehat dan melindungi dari penyakit.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot