7 Golongan yang Bisa Dapat Bansos PKH 2021 di Masa PPKM, Rp3 Juta untuk Ibu Hamil

Rinda Suherlina - Jumat, 30 Juli 2021, 8:08 WIB

Ilustrasi ibu hamil.Ilustrasi ibu hamil./PIXABAY/fezailc

FIXINDONESIA.COM - Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut bansos PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat bansos PKH.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia telah melaksanakan bansos PKH.

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Baca juga: Update Informasi Bansos BST Rp600 ribu Cair ke Rekening, Buruan Cek di Sini

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, bansos PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Manfaat bansos PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui bansos PKH, KM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan  pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

Baca juga: Bansos BST Rp600 Ribu Cair, Udah Kebagian Belum? Yuk Cek Nama di cekbansos.kemensos.go.id

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi