6 Tips Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Selama Ramadan

Firda Rachmawati - Selasa, 6 April 2021, 21:51 WIB

ilustrasi: jenis makanan yang tidak baik bagi kesehatan otakilustrasi: jenis makanan yang tidak baik bagi kesehatan otak/Engin Akyurt/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa.

Lalu bagaimana kondisi tubuh selama puasa?

Selama puasa, glukosa yang disimpan dalam tubuh memberikan energi dan untuk menggantikan energi yang dibutuhkan untuk berbuka puasa dengan makanan kaya nutrisi.

Baca juga: Bikin Adem, KPID Jabar dan Ormas Islam Serukan Siaran Ramadan Harus Cerminkan Dakwah Sejuk

Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat di bulan ramadan.

1. Berbuka puasa dengan kurma karena kurma mudah dicerna dan tidak menguras metabolisme setelah seharian berpuasa. Kurma kaya akan gula, serat, dan mineral dan karenanya merupakan sumber energi yang cepat. Selain itu, kurma membantu mengobati sembelit yang mungkin terjadi karena perubahan waktu makan atau asupan serat yang rendah selama puasa.

2. Pilih sup dalam porsi kecil, lebih disukai yang terbuat dari sayuran dan cobalah untuk menghindari sup berbahan dasar krim. Minumlah sup Anda perlahan. Ini akan membantu sistem pencernaan Anda dalam mengolah makanan dan mencegah Anda makan berlebihan. Pastikan sup Anda terdiri dari sayuran seperti brokoli, bayam, kacang polong, kacang hijau, labu, dan wortel.

Baca juga: 8 Tanda-tanda Kista Ovarium yang Wajib Diketahui Setiap Wanita

3. Jangan lupa untuk memasukkan salad sayuran ke dalam menu makanan Anda. Makan salad segar dengan mangga hijau dan hidangan panggang atau panggang yang dibumbui dengan rempah-rempah seperti adas, jintan, jahe, dan kapulaga akan meningkatkan metabolisme Anda.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot