6 Manfaat Jamur Shiitake, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

Firda Rachmawati - Rabu, 10 Maret 2021, 15:30 WIB

6 Manfaat Jamur Shiitake, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker6 Manfaat Jamur Shiitake, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker/Pixabay/ Hans Braxmeier

FIXINDONESIA.COM - Belakangan ini jamur shiitake menjadi salah satu jamur yang populer. Jamur ini berasal dari Asia Timur, jamur ini ternyata telah dikenal selama ribuan tahun untuk meningkatkan kesehatan.

Jamur shiitake tumbuh secara alami di atas kayu lapuk dari pohon gugur seperti oak, shii, chestnut, maple, mulberry dan lainnya. Jamur ini berwarna cokelat tua berukuran 5-10 cm. Jamur ini memiliki rasa gurih dan seperti daging serta dapat dikonsumsi baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan.

Jamur ini pun menawarkan vitamin, mineral dan senyawa bioaktif lainnya yang memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak di Musim Hujan atau Dingin

Berikut adalah berbagai khasiat yang bisa didapatkan dari jamur shiitake, menurut Boldsky.

1. Membantu menurunkan berat badan

Jamur shiitake rendah kalori dan merupakan sumber serat yang baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Obesity mempelajari efek jamur shiitake pada profil lipid plasma, penumpukan lemak, efisiensi energi, dan indeks lemak tubuh.

Selama penelitian, tikus yang diberi pakan bubuk jamur shiitake dosis tinggi dengan diet tinggi lemaknya selama enam minggu, mengakibatkan penurunan bobot badan dibandingkan dengan tikus yang diberi bubuk shiitake dosis rendah dan sedang.

Para peneliti menyimpulkan bahwa jamur shiitake dapat mencegah penambahan berat badan, penumpukan lemak dan plasma triacylglycerol bila ditambahkan ke makanan tinggi lemak. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan efek jamur shiitake terhadap obesitas pada manusia.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot