6 Dampak dan Penyebab Terjadinya Eating Disorder

Firda Rachmawati - Sabtu, 27 Maret 2021, 11:55 WIB

DepresiDepresi/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Eating disorder atau gangguan makan adalah kondisi serius yang ditandai dengan kebiasaan makan yang tidak teratur. 

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, eating disorder juga mempengaruhi kesehatan mental.

Seseorang dapat mengembangkan gangguan makan dengan obsesi terhadap bentuk tubuh dan makanan, yang dalam kasus yang parah dapat mengakibatkan konsekuensi kesehatan dan bahkan kematian jika tidak ditangani.

Baca juga: Rose BLACKPINK Akan Tampil di The Kelly Clarkson Show

Eating disorder memiliki serangkaian gejala yang berpotensi menyebabkan kerusakan jangka panjang pada pikiran dan tubuh.

1. Obesitas

Obesitas adalah kelebihan lemak tubuh yang biasanya disebabkan oleh pengaruh perilaku genetik, metabolisme, dan hormonal terhadap berat badan dengan asupan kalori menjadi alasan utamanya. rtinya, makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar dalam aktivitas sehari-hari dan olahraga menyebabkan obesitas.

Gangguan makan berlebihan adalah salah satu penyebab utama obesitas, di mana orang dengan gangguan makan ini dapat meningkatkan risiko komplikasi medis yang terkait dengan kelebihan berat badan, seperti penyakit jantung, stroke, dan juga diabetes tipe 2.

3. Malnutrisi

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Boldsky

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot