6 Cara untuk Tingkatkan Kesehatan Jantung, Salah Satunya Banyak Tertawa

Firda Rachmawati - Kamis, 4 Maret 2021, 11:23 WIB

6 Cara untuk Tingkatkan Kesehatan Jantung, Salah Satunya Banyak Tertawa6 Cara untuk Tingkatkan Kesehatan Jantung, Salah Satunya Banyak Tertawa/https://www.freepik.com/freepik

FIXINDONESIA.COM - Konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidak merokok adalah cara-cara yang teruji dan benar untuk menjaga jantung Anda dalam kondisi prima.  Namun selain mengonsumsi sayuran dan berolahraga, ada tindakan pencegahan lain yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan risiko terkena penyakit terkait jantung.

Dikutip dari laman Livestrong, John P. Higgins, MD, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran kardiovaskular di The McGovern Medical School di The University of Texas Health Science Center di Houston (UTHealth), membagikan 6 strategi harian yang sangat sederhana untuk memastikan jantung Anda berfungsi dengan baik.

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Membersihkan gigi menggunakan benang dan menyikat gigi penting untuk mencegah bau mulut dan gigi berlubang, tetapi kebiasaan gigi yang sehat ini juga mungkin bermanfaat bagi jantung Anda.

Percaya atau tidak, "penelitian menunjukkan bahwa menyikat gigi dua kali sehari selama setidaknya dua menit dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular," kata Dr. Higgins.  Memang, sebuah studi Desember 2019 yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menemukan korelasi antara perawatan kebersihan mulut yang tepat dan penurunan kemungkinan fibrilasi atrium dan gagal jantung.

Mengapa?  Para ilmuwan berteori bahwa kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan bakteri dalam aliran darah, infeksi, dan peradangan sistemik, yang merupakan inti dari penyakit jantung.

2. Mengadopsi Peliharaan

Tidak hanya menggemaskan dan manja, teman berbulu berkaki empat juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.  Memang, orang-orang yang memiliki hewan peliharaan melaporkan merasa lebih bahagia, ditambah lagi mereka cenderung tidak merokok atau menderita diabetes, kata Dr. Higgins.

Secara khusus, pemilik anjing atau kucing cenderung hidup lebih lama dan bertahan lebih baik setelah serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan rekan mereka yang tidak memiliki anjing atau kucing, menurut meta-analisis Oktober 2019 yang diterbitkan dalam Circulation: Cardiovascular Quality and Outcome.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Health

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot