5 Manfaat Teh Delima Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 1 September 2021, 9:15 WIB

Delima5 Manfaat Teh Delima Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Manfaat teh delima, teh terkenal di dunia yang kerap kali dikaitkan dengan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah delima memiliki aktivitas antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan anggur merah dan teh hijau.

Kulit buah delima adalah bagian yang paling bergizi karena mengandung sejumlah besar polifenol seperti flavonoid (katekin dan antosianin), tanin kental, asam fenolat (asam galat dan caffeic), tanin terhidrolisis (punicalagin) dan alkaloid dan lignan.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Jus Delima, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Baca juga: 12 Khasiat Delima bagi Kesehatan, Dapat Membantu Melawan Kanker Prostat hingga Kanker Payudara

Biji buah delima mengandung protein, polifenol, mineral, vitamin, isoflavon dan dua asam lemak tak jenuh ganda penting yang disebut asam linolenat dan linoleat bersama dengan lemak penting lainnya seperti asam oleat dan asam punicic.

Bunga dan biji delima mengandung punicalagin, senyawa vital yang termasuk dalam keluarga tanin. Senyawa tersebut bertanggung jawab atas lebih dari setengah aktivitas antioksidan jus delima. Delima ini juga kaya akan asam fenolik seperti asam galat, ellagic, dan caffeic.

Dengan berbagai nutrisi yang dimiliki buah delima, teh delima pun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut ini adalah penjelasannya menurut Boldsky:

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Boldsky

tags
Artikel Rekomendasi