4 Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal

Rinda Suherlina - Selasa, 19 Oktober 2021, 11:54 WIB

IlustrasiIlustrasi/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah melalui sejumlah kementerian dan lembaga melakukan upaya bersama untuk memberantas dan menindak tegas praktik-praktik pinjaman online (pinjol) ilegal yang dapat merugikan masyarakat.

“Kita bersama Kapolri, Kementerian Kominfo, Gubernur Bank Indonesia, dan juga Menteri Koperasi dan UKM telah mempunyai perjanjian bersama, surat keputusan bersama, kesepakatan bersama untuk memberantas semua pinjol-pinjol yang ilegal,” ujar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso

Saat ini terdapat 107 pinjol terdaftar dan berizin OJK. Wimboh menegaskan, seluruh penyelenggara harus masuk ke dalam asosiasi  fintech.

Baca juga: Catat, 5 Aturan Terbaru PPKM Jawa-Bali yang Berlaku Mulai Hari Ini

“Dalam asosiasi itu digarap bagaimana membina para pelaku ini bisa lebih efektif memberikan pinjaman yang murah, cepat, dan tidak menimbulkan ekses-ekses penagihan yang melanggar kaidah dan melanggar etika. Ada kesepakatan yang sudah dibuat seluruh pelaku ini yang difasilitasi oleh asosiasi,” terangnya.

Setiap penyelenggara fintech lending atau pinjol di Indonesia, wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena itu penting untuk memastikan legalitas penyedia pinjaman online (Pinjol) legal agar tidak terjebak pinjol abal-abal.

Berikut ini beberapa cara mengecek pinjol legal atau ilegal:

Baca juga: CEK Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021, Pantau Terus Link sscasn.bkn.go.id

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi