4 Bumbu Dapur Ini Dipercaya Dapat Mengurangi Asam Urat, Salah Satunya Jahe

Nadzim Asy'ari - Sabtu, 6 Maret 2021, 18:20 WIB

6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Atur Gula Darah hingga Obati Gangguan Pencernaan4 Bumbu Dapur Ini Dipercaya Dapat Mengurangi Asam Urat, Salah Satunya Jahe

FIXINDONESIA.COM - Banyak penyakit yang di timbulkan oleh pola makan yang kurang sehat seperti darah tinggi, kolesterol, asam lambung, diabetes hingga asam urat.

Dikutip oleh fixindonesia.com dari laman PMJ News bahwa asam urat tinggi dapat menyebabkan nyeri pada bagian anggota tubuh tertentu, hal ini merupakan awal mula dari gejala yang ditimbulkan oleh asam urat.

Gejala asam usat tidak memandang seseorang, entah itu pria, wanita ataupun lansia, kemungkinan besar bisa terkena penyakit asam urat ini, namun kebanyakan menyerang pria yang sudah berumur 40 tahun ke atas.

Baca juga: Bansos BST Rp300 Ribu Bisa Dicabut Jika KPM Ketahuan Beli Ini

Akan tetapi anda jangan terlalu khawatir dengan penyakit asam urat tersebut, dengan banyaknya toko obat-obatan ataupun apotek tentunya menyediakan penangkal dari penyakit tersebut, namun ada beberapa bumbu dapur yang dianggap sepele justru dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.

Apa saja bumbu dapur yang dapat mengontrol ataupun mengurangi rasa nyeri akibat asam urat tersebut, simak baik-baik keterangan di bawah:

Baca juga: 5 Cara agar Kulit Terlindungi dari Sinar Matahari

1. Jahe

Tentunya banyak dari kita yang sudah mengenal yang namanya jahe, namun sebagian orang belum mengetahui manfaat dari rempah-rempah khas Nusantara itu.

Sebuah studi luar Negeri menyebutkan bahwa jahe apabila dioleskan pada rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat, maka lambat laun rasa nyeri tersebut bisa berkurang.

Atau anda bisa menumbuk jahe tersebut lalu di rendam dalam air hangat, kemudian ambil kain lalu rendam ke dalam air yang sudah tercampur dengan jahe itu, lalu kain tadi tempelkan pada anggota badan yang terasa nyeri.

Baca juga: Cara Mengatasi Migrain dengan Mudah, Simak Caranya di Sini

Atau anda bisa membuat minuman jahe dengan meminumnya sehari 3x, hal itu dirasa lebih mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Cuka sari apel

Bumbu dapur yang selanjutnya yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat asam urat adalah cuka sari apel, penelitian menebukan fakta bahwa cuka sari apel ini sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

Untuk caranya campurkan kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Minum sampai dua hingga tiga kali sehari.

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis Belajar dari Kemdikbud Tapi Nomor Berubah? Ikuti Cara Berikut!

3. Air lemon

Diketahui air lemon menurus sebagian besar peneliti dapat mengontrol bahkan menetralisir kadar asam urat yang berlebih.

4. Seledri

Meski belum banyak penelitian yang membuktikan bahwa seledri dapat mengontrol kadar asam urat namun seledri dipercaya dapat mengurangi peradangan.

Editor: Nadzim Asy'ari

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot