3 Resep Masker Rambut Berbahan Dasar Cokelat Hitam yang Bisa Atasi Masalah Rambutmu

Firda Rachmawati - Minggu, 21 Maret 2021, 23:30 WIB

CokelatCokelat/PIXABAY/elsenaju

FIXINDONESIA.COM - Cokelat hitam (dark chocolate) memiliki reputasi yang luar biasa sebagai alternatif kudapan yang baik untuk kesehatan, dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya.

Banyak penelitian bahkan mengklaim bahwa cokelat hitam dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan kulit dan rambut.

Times of India melaporkan bahwa ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan beberapa hasil positif yang berkaitan dengan dampak cokelat hitam pada pertumbuhan rambut.

Baca juga: 7 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan, Meningkatkan Kesehatan Jantung hingga Mengobati Anemia

Cokelat hitam kaya akan kakao, yang mengandung proanthocyanidins, senyawa yang diketahui mendorong pertumbuhan rambut. Ketika sekelompok peneliti memberikan beberapa cokelat hitam ke sekelompok tikus, ditemukan bahwa proanthocyanidins yang terdapat dalam coklat menginduksi fase anagen dari pertumbuhan rambut.

Anagen adalah fase pertumbuhan aktif folikel rambut di mana akar rambut berlipat ganda secara signifikan. Akibatnya, terjadi peningkatan pada volume rambut berkat beberapa mineral kaya yang ditemukan di dalamnya yang mendorong pertumbuhan sel seiring dengan meningkatnya aliran darah ke kulit kepala yang menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Cokelat hitam juga dapat dijadikan sebagai bahan utama untuk masker rambut untuk menutrisi kulit kepala hingga folikel rambut, dan mendorong pertumbuhan rambut. Berikut adalah tiga resep masker rambut berbahan dasar cokelat hitam.

Baca juga: 5 Khasiat Jus Bayam bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

1. Untuk rambut kusam

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi