3 Alasan Fadli Zon Menolak Keras Pajak Sembako: Menambah Jumlah Orang Miskin di Indonesia

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 18 Juni 2021, 19:50 WIB

Ketua BKSAP RI Fadli Zon mengutuk keras aksi brutal rezim militer Myanmar3 Alasan Fadli Zon Menolak Keras Pajak Sembako: Menambah Jumlah Orang Miskin di Indonesia/dpr ri

FIXINDONESIA.COM - Politikus Partai Gerinda, Fadli Zon membeberkan tiga alasan dirinya menolak pajak sembako yang akan diterapkan oleh pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu). 

Fadli Zon mengatakan, secara umum, ada beberapa alasan mengapa penarikan PPN sembako tidak boleh dilakukan. 

Pertama, produk domestik bruto (PDB) negara Indonesia 57,66 % ditopang oleh konsumsi rumah tangga. Sepanjang tahun 2020 menutut data Badan Pusat Statistika (BPS), konsumsi rumah tangga telah mengalami kontraksi hingga 2,63%. 

"Akibatnya, pertumbuhan ekonomi kita minus 2,07 persen yang menjadi capaian terburuk sejak krisis 1998," jelasnya dalam unggahan Youtube Fadli Zon Official.

Baca juga: Sri Mulyani Bakal Pungut Pajak Sembako, Fadli Zon: Sangat Jahat dan Miskin Imajinasi!

Sebagai catatan, lanjut Fadli, 57% pengeluaran rumah tangga di Indonesia dihabiskan untuk pangan. Pada rumah tangga rawan pangan, porsinya tentu lebih besar lagi yakni mencapai 69%. 

Jika rencana pajak sembako ini diteruskan, maka dampaknya akan kian memukul daya beli masyarakat. Kenaikan harga pangan biasanya akan mengorbankan belanja lainnya, terutama belanja pendidikan dan kesehatan. 

"Karena di sisi lain pemerintah juga akan mengintensifkan pajak sektor pendidikan dan kesehatan, maka secara umum kebijakan pajak sembako ini akan mendorong turunnya tingkat kesejahteraan masyarakat," tuturnya. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait