20 November Hari Anak Sedunia, Inilah Maknanya Tahun Ini

Firyal Nur Fadilah - Sabtu, 20 November 2021, 9:00 WIB

Ilustrasi Pekerja Anak Anak (Shammil)Ilustrasi Pekerja Anak Anak (Shammil)/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM- 20 November Hari Anak Sedunia, Inilah Maknanya Tahun Ini. Hari ini Sabtu 20 November 2021 diperingati sebagai hari anak sedunia. 

Dilansir dari website resmi UNICEF, hari anak sedunia merupakan peringatan yang diadakan setiap tahun untuk anak-anak dan oleh anak-anak. Pada tahun ini, UNICEF menekankan pentingnya mendengarkan ide dan permintaan anak-anak serta remaja. 

Pada pandemi COVID 19 menunjukan ketidaksetaraan berpengaruh pada setiap hak anak. Dimulai dari krisis iklim, pendidikan , mengakhiri rasisme dan diskriminasi hingga kesehatan mental. Saat ini, anak-anak dan remaja menyuarakan isu penting bagi generasi mereka dan menyuarakan orang dewasa untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Peringati Hari Anak Nasional, Jokowi Ditanya Anak SD: Jadi Presiden, Ngapain Aja?

Dalam menyambut hari anak sedunia, pada tahun ini diadakan program Changing Childhood. Program ini mengadakan jajak pendapat pertama yang diadakan secara internasional. Program ini menanyakan pendapat dari usia 15-24 tahun dan usia 40 tahun keatas di 21 negara mengenai rasanya menjadi anak-anak saat ini.

Di Indonesia data dari program ini dikumpulkan dari 1 Maret hingga 28 April 2021. Hasilnya di Indonesia menunjukan kondisi kesehatan mental yang lebih buruk dan pendapat dua generasi menyepakati anak-anak saat ini merasakan tekanan yang lebih besar untuk berhasil.

Saat ini anak muda memiliki kecenderungan yang lebih tinggi dalam perasaan cemas serta depresi.  Pendapat dari dua generasi sepakat anak-anak berhak didengar suaranya serta merasakan kebebasan sebelum usia dewasa. 

Baca juga: Pesan Jokowi di Perayaan Hari Anak Nasional: Ini Bukanlah Keinginan Kita

Editor: Firyal Nur Fadilah

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi