15 Hektar Lahan di Kawasan Perbukitan Danau Toba Hangus Terbakar

Ikhsan Taufik Ramadhan - Jumat, 8 Oktober 2021, 17:50 WIB

15 Hektar Lahan di Perbukitan Danau Toba Hangus Terbakar15 Hektar Lahan di Perbukitan Danau Toba Hangus Terbakar/PIXABAY/geralt

FIXINDONESIA.COM - Sekitar 15 hektar lahan di daerah hutan dan lahan di sekitar  perbukitan Danau Toba, Desa Sianjur Mula-Mula, Sumatera Utara dikabarkan hangus terbakar usai dilanda kebakaran sejak Selasa, 5 Oktober 2021. 

Koordinator Wilayah Manggala Agni Sumatera Utara dan Aceh Risky Ismana Nasution menjelaskan bahwa saat ini kebakaran yang melanda daerah tersebut sudah padam. 

Baca juga: Sejarah Hubungan Diplomasi Kesultanan Aceh dan Kerajaan Turki Utsmani

"Sudah tidak ada kebakaran lagi. Sudah padam, sekarang sedang dilakukan pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi kebakaran," ujarnya, dikutip dari PMJ News, Jumat 8 Oktober 2021.

Hingga kini, Risky masih enggan membeberkan penyebab dari karhutla tersebut. Namun, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan lahan di kawasan Danau Toba.

"Untuk masyarakat sekitar Danau Toba agar hati-hati menggunakan lahannya,” ucapnya.  

Risky pun mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepala desa setempat untuk memantau aktivitas pertanian masyarakat demi mencegah terjadinya kembali kebakaran.

"Memonitor aktivitas pertanian masyarakat yang berpotensi melakukan pembakaran," tandasnya.***

Editor: Ikhsan Taufik Ramadhan

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi