1,3 Juta Formasi Disiapkan KemenPAN RB Agar Dapat Diisi dalam PPPK dan CPNS 2021, Berikut Rinciannya

Fahrurrazi Assyar Halim - Jumat, 26 Maret 2021, 13:43 WIB

Ilustrasi: Batas usia untuk CPNS 2021 segera dibukaIlustrasi: Batas usia untuk CPNS 2021 segera dibuka/Humas Kabupaten Bandung

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Bandan Kepegawaian Negara (BKN) menargetkan akan membuka lowongan CPNS 2021 pada pertengahan tahun.

KemenPAN RB rencananya akan membuka pendaftaran seleksi CPNS 2021 pada April mendatang, untuk itu diharapkan kepada calon pelamar untuk mempersiapkan diri serta dokumen yang diperlukan dari sekarang.

Pemerintah menargetkan pada pendaftaran CPNS 2021 akan menambah kuota formasi menjadi lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini atas dasar antisipasi pemerintah atas lonjakan pendaftar pada CPNS 2021 menimbang banyaknya lulusan baru dan pekerja yang terpaksa diputus kerja akibat pandemi COvid-19.

Baca juga: Pro Kontra Kandungan Babi dalam Vaksin AstraZeneca Habib Rizieq Diusulkan Jadi Duta Vaksin Nasional

Pemerintah menyiapkan 1,3 juta lowongan formasi pada CPNS 2021 dan PPPK 2021 ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan jumlah ASN di daerah dan pusat, serta mengentaskan permasalaha guru honorer.

Nantinya, sebanyak 1,3 juta orang yang lulus dan terpilih akan ditempatkan di pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Dengan jumlah sebanyak 1 juta formasi dari total formasi yang tersedia, dikhususkan untuk formasi PPPK program 1 juta guru dari Kemendikbud untuk Pemda tahun 2021.

Kemudian, sebanyak 189 ribu formasi dibuka pada CPNS 2021, diantaranya 70 ribu formasi yang diperuntukan bagi jabatan fungsional dan 119 ribu formasi untuk berbagai jabatan teknis.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: BKN

tags
Artikel Rekomendasi