11 Makanan yang Cocok untuk Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Firda Rachmawati - Selasa, 9 Maret 2021, 17:00 WIB

11 Makanan yang Cocok untuk Detoksifikasi Racun dalam Tubuh11 Makanan yang Cocok untuk Detoksifikasi Racun dalam Tubuh/Pixabay/ Couleur

FIXINDONESIA.COM - Disadari atau tidak, kita terpapar berbagai macam racun setiap harinya baik dari makanan yang kita konsumsi, air, udara dan terakumulasi di berbagai organ tubuh, dan salah satunya di hati.

Racun yang menumpuk di hati bisa berdampak buruk bagi tubuh, diantaranya mengurangi penyerapan oksigen hingga membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

Perut kembung, nyeri di bawah tulang rusuk, munculnya keringat berlebih, tekanan darah tinggi merupakan sejumlah tanda yang menunjukkan anda perlu melakukan detoksifkasi.

Baca juga: Penyebab dan Tips Cegah Sakit Kepala Ketika Lapar

Berikut ini 11 makanan yang bisa membantu memdetoksifikasi racun di hati secara cepat, seperti dilansir Boldsky.

1. Wortel dan bit. Kedua jenis makanan ini mengandung beta- karotin tingkat tinggi dan flavanoid yang dapat membantu menstimulasi dan memperbaiki fungsi hati.

2. Jeruk limau. Segelas jus limau tidak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga bisa membantu meningkatkan produksi enzim pendetoks di hati.

3. Sayuran hijau. Keberadaan klorofil dalam dedaunan bisa menyerap racun-racun dari lingkungan sekitarnya, meningkatkan produksi empedu serta menurunkan beban kerja hati.

Baca juga: 8 Manfaat Mangga Mentah, Salah Satunya Bisa Mengatasi Gangguan Gastrointestinal

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot