10 Orang Positif Virus Covid-19 Varian Baru B117, Satgas Covid-19 Akan Lakukan Sequencing Genetik

Fahrurrazi Assyar Halim - Kamis, 8 April 2021, 10:51 WIB

Ilustrasi: Jepang mengkhawatirkan adanya gelombang keempat akibat varian baru virus koronaIlustrasi: Jepang mengkhawatirkan adanya gelombang keempat akibat varian baru virus korona/freefik.com/recstockfootage

FIXINDONESIA.COM - Satgas Covid-19 akan lakukan sequencing genetik guna langkah antisipasif penyebaran varian virus Covid baru yang dinamai B 117.

Sequencing genetik adalah pengurutan DNA, Hal ini agar peneliti lebih mengetahui dan mengenal kasus virus Covid varian baru tersebut.

Sequencing genetik akan dilakukan supaya lebih memahami virus Covid-19 varian baru karena di Indonesia sudah terdapat 10 kasus penularan virus Covid-19 B 117.

Hal ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito pada Kamis, 8 April 2021.

"Perintah berupaya dengan  meningkatkan sequencing genetik , hal ini bertujuan untuk antisipatif perluasan terkait penularan B 117 yang lebih optimal," ujar Wiku saat dikonfirmasi, 

Baca juga: CPNS 2021 Segera Dibuka! Kunjungi Laman sscn.bkn.go.id untuk Mengetahu Tata Cara Pendaftaran

Tak hanya itu, pemerintah pun akan kembali mengatur alur masuk keluar untuk perjalanan ke luar negeri. Kendati demikian, Wiku menjelaskan langkah efektif untuk meminimalisir penularan Corona varian B 117 ini adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara efektif.

"Pada prinsipnya, selain mengatur alur masuk dan keluar perjalanan luar negeri, upaya paling efektif untuk menekan angka ini adalah dengan adanya peningkatan protokol kesehatan secara disiplin. Karena pada dasarnya, protokol kesehatan ini dapat mencegah area virus bermutasi menjadi varian baru dan menularkan ke orang lain," sambungnya.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi