10 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air

Firda Rachmawati - Minggu, 20 Juni 2021, 17:40 WIB

illustrasi vaksin COvid-19illustrasi vaksin Covid-19/torstensimon/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Sebanyak 10 jutan bahan baku vaksin Covid-19 tiba di Tanah Air hari ini, Minggu 20 Juni 2021 melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Sekjen Kemenkes) Oscar Primadi mengatakan kedatangan bahan baku vaksin Covid-19 tersebut merupakan tahap ke-17 yang akan diproduksi oleh Bio Farma.

"Maka jumlah total vaksin yang telah diterima Indonesia saat ini adalah sebanyak 104.728.400 dosis, dengan perincian vaksin produksi Sinovac sebanyak 94,5 juta dosis, AstraZeneca 8.228.400 dosis, dan Sinopharm 2 juta dosis," tuturnya.

Baca juga: Juru Bicara Penanganan Covid-19 Terpapar Corona, Begini Kondisinya Sekarang

Baca juga: Tega! Nenek Tuna Netra Diperkosa Sopir Angkot

Oscar menegaskan, pemerintah terus melakukan upaya untuk mengamankan kebutuhan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang tengah digulirkan pemerintah saat ini. Untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity pemerintah menargetkan untuk melakukan vaksinasi kepada sekitar 70 persen dari jumlah populasi penduduk.

“Pemerintah selalu hadir dalam rangka mengamankan sekitar 426,8 juta dosis vaksin Covid-19 ini. Upaya-upaya ini tentunya kita lakukan dalam rangka penyediaan dalam bentuk pendekatan bilateral, multilateral, maupun eksplorasi daripada produk-produk dalam negeri,” ujarnya.

Bahan baku yang telah tiba di Tanah Air ini kemudian akan didistribusikan ke seluruh Indonesia setelah terlebih dahulu diproses menjadi vaksin jadi oleh PT Bio Farma. Oscar optimistis tambahan vaksin ini akan mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat guliran vaksinasi Covid-19 saat ini.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi